Amazon.com

Sunday, January 30, 2011

Panduan Membuat Cover Pelindung Mesin KLX 150


Desain duk sesuai selera
Jakarta - Kalau ada niatan Kawasaki KLX150 kesayangan buat dipakai adventure atau off-road, tak ada salahnya mempersiapkan besutan lebih matang. Bukan cuma mesin dan kaki-kaki saja lo, yang harus fit. Dek pelindung mesin juga sebaiknya kudu ada.

Karena pastinya ente enggak mau dong, saat melintas medan berat, terutama daerah berbatu, tiba-tiba tanpa disangka ada batu atau benda keras ‘menyerang’ dan menghajar bagian bawah mesin. Bisa-bisa melukai material blok mesin atau bahkan retak.

“Namanya juga adventure, bisa saja menghantam batu atau batang kayu,” tutur Mariasan Kocex dari JP Racing Bintaro. Toh, gak perlu pusing di mana nyari-nya part yang dimaksud. Sebab pelindung mesin tersebut bisa dibuat sendiri bermodal pelat aluminium.

Sebelum membuat, persiapkan terlebih dulu alat-alatnya biar pengerjaan bisa sempurna. Mulai dari karton, spidol, gunting pelat, gerinda tangan, bor listrik dan tentunya kunci-kunci.

Jika sudah lengkap, buatlah desain awal alias mal di atas karton menggunakan spidol. Desainnya bebas terserah selera Anda. Asalkan tujuan utama untuk melindungi bak mesin tercapai. Setelah itu, tempel mal di atas pelat aluminium 3 mm yang akan dipotong dengan gunting.

“Lakukan dengan teliti agar mal tidak meleset,” terang Kocex. Setelah pelat aluminium terpotong, gunakan gerinda tangan untuk menghaluskan pinggiran pelat agar tidak tajam.

Haluskan pinggiran dek dengan gerinda tangan (kiri). Dek nebeng di footpeg (kanan)
Lanjutkan dengan melubangi kuping dek dengan bor listrik agar pelat dek bisa duduk di sasis KLX150. Persisnya menebeng dengan baut dudukan footpeg.

Selebihnya tinggal menyesuaikan kontur pelat dek dengan sasis agar bisa menempel rapi. Sebagai finishing, pelat dek bisa dilubangi dengan mata bor besar berdiameter antara 2-3 cm untuk ventilasi bagi mesin.

Mudah kan? Selamat mencoba ya! (motorplus.otomotifnet.com)

No comments: